2018, BKKBN Perwakilan Kalbar Akan Bentuk 174 Kampung KB

Penerapan Kampung KB di Kalimantan Barat hingga 2017 telah mencapai 80 persen untuk 14 Kabupaten/Kota yang ada. Dukungan seluruh kepala daerahpun dirasakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) menjadi bentuk penting dalam pelaksanaan Kampung KB yang ada.

Kepala Perwakilan BkkbN Kalbar, Kusmana mengaku dukungan Kepala daerah juga dilakukan dalam bentuk surat edaran untuk melakukan koordinasi antar bidang dalam satu kawasan.

“Tentu dukungan yang diberikan akan lebih bertambah di 2018 mendatang,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya untuk DIPA Tahun 2018, BkkbN Kalbar mendapat 89 Miliar meski tidak sepenuhnya untuk program Kampung KB.

“Anggaran 2018 tidak semua untuk Kampung KB, namun masuk kedalam program KKBPK atau ketahanan keluarga berencana dan pembangunan keluarga,” jelasnya.

Sejauh ini, pembentukan Kampung KB di Kalbar menemui banyak kendala salah satunya adalah jangkauan wilayah yang satu desa ke desa lainnya beberapa sulit terjangkau.

“Kendala seperti kawasan terluar terpencil Kalbar selain satu Kampung KB ingin dilaunching oleh Kepala Daerahnya masing-masing sementara agenda mereka banyak selain dalam satu agenda melibatkan beberapa instansi dan unsur terkait sehingga agak sulit dijadualkan hal- hal seperti itu adalah beberapa kendala pembentukan,” kata Kusmana.

Tahun 2018, dijelaskan Kusmana, anggaran yang telah ada memang terplanning untuk pembentukan Kampung KB terutama untuk kawasan yang masih jauh dari perhatian pemerintah Kalbar.

“174 Kampung KB menjadi target kami di 2018 dari 174 kecamatan untuk dijadikan kampung KB,” pungkasnya.

Citizen Reporter: Humas BKKBN KALBAR, Dina Prihatini Wardoyo
Sumber: Pontianak Tribunnews