Sitename

Description your site...

Asisten II Setda Kalbar Buka Grand Final Pemilihan Duta Mahasiswa Genre Kalbar 2015

lensus k(Pontianak-3/6) Asisten II Bidang Perekonomian Setda Provinsi Kalimantan Barat, Lensus Kandri, SH, MH membuka secara resmi Grand Final Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Kalimantan Barat tahun 2015 di Pontianak Convention Center. Dalam kesempatan tersebut, Asisten II membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Barat yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Barat menyoroti tentang kemerosotan generasi di segala bidang kehidupan. Kemerosotan tersebut terlihat dari banyaknya remaja yang terlibat perilaku berisiko dan menyimpang, misalnya narkoba, minum-minuman keras, pemakaian obat-obatan terlarang, terlibat pergaulan bebas, remaja yang putus sekolah dan lain sebagainya.

Menurut Gubernur, kegiatan Duta Mahasiswa GenRe ini merupakan salah satu langkah strategis dalam mengatasi permasalahan remaja yang ada. Hal ini penting mengingat Kalbar merupakan wilayah dengan tingkat kelahiran remaja usia 15-19 tahun tertinggi di Indonesia, yakni 104 per seribu dan juga dengan letak geografisnya yang dekat dengan perbatasan, Kalbar sangat rentan dengan kasus narkoba yang masuk secara illegal. Selain itu, banyaknya kasus HIV/AIDS akibat perilaku seks bebas juga semakin menambah banyak permasalahan di seputar kehidupan remaja. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan berat serta butuh upaya yang keras dan sungguh-sungguh guna mewujudkan generasi muda harapan bangsa.

Dalam sambutan, Gubernur Kalimantan Barat berpesan kepada generasi muda untuk menghindari tiga permasalahan kesehatan reproduksi remaja atau yang lebih dikenal dengan sebutan TRIAD KRR. Pesan Gubernur ini tentunya dimaksudkan dalam usaha membangun generasi muda yang cerdas, berbudi pekerti luhur dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri dan berkarakter, serta remaja yang mempunyai masa depan yang mantap.

Jika generasi muda yang ada saat ini seperti generasi muda yang diharapkan, tentu mampu memimpin bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan bermartabat. Untuk itu, program Generasi Berencana yang digagas oleh BKKBN ini patut didukung dan disukseskan bersama, artinya bukan hanya BKKBN yang melaksanakan, namun harus didukung oleh seluruh komponen bangsa. Program GenRe harus disukseskan melalui kemampuan masing-masing. Selain itu, Gubernur mengajak kepada kaum muda untuk benar-benar serius dan matang dalam merencanakan sebuah keluarga, bagaimana merencanakan pernikahan dan kapan punya anak. Hal tersebut tidak lain adalah dalam rangka mewujudkan keluarga yang harmonis kedepannya.

Khusus kepada putra-putri yang lolos menjadi finalis Duta Mahasiswa GenRe Kalbar 2015 ini, Gubernur berharap agar mereka tetap terus mensosialisasikan program generasi berencana kepada seluruh masyarakat, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup manusia di Kalimantan Barat. Seluruh finalis, baik yang menang ataupun belum berkesempatan menang, tetap merupakan duta yang akan bertugas di wilayahnya masing-masing. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pimpinan dinas, instansi untuk memberdayakan para finalis dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan program. Dalam akhir sambutannya, Gubernur mengucapkan terima kasih kepada Pangdam XII Tanjungpura dan Kepala Kepolisian Kalimantan Barat yang terus membina generasi muda melalui Forum Pusat Informasi dan Konseling di Kalimantan Barat dan juga mengucapkan terima kasih kepada Forum PIK Kalimantan Barat “Asmara Khatulistiwa” yang telah berhasil melaksanakan kegiatan ini. (tan)

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.