Sitename

Description your site...

Dumas GenRe Kalbar 2015 Setiadi & Pratiwi Putri Dwi Randy

dumas-selamat-setiadi-dan-pratiwi

(Pontianak-5/6) Setelah melalui perjalanan panjang seleksi, mulai dari test tertulis, kegiatan bulan bhakti dumas, dan masa karantina, akhirnya Setiadi, Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak dan Pratiwi Putri Dwi Randy, Mahasiswi Teknik Sipil Untan dinobatkan sebagai pemenang Duta Mahasiswa GenRe Kalbar 2015. Pada malam Grand Final tersebut, Dumas Genre Kalbar 2014, Nordianto dan Aulia Ismaya, menyerahkan langsung selempang yang telah disandangnya tahun lalu kepada Dumas GenRe Kalbar yang baru. Sebagai ketua forum PIK Kalbar yang didaulat sebagai penyelenggara kegiatan, Juwarno mengatakan bahwa pemilihan Dumas tahun ini dan tahun-tahun berikutnya adalah mencari sosok ataupun figur remaja yang akan mensosialisasikan program-program BKKBN. “Bukan berarti bahwa Dumas GenRe tahun sebelumnya sudah tidak ada sumbangsihnya lagi”, ungkap Juwarno.

Sementara itu, pemenang Duta Mahasiswa GenRe Kalbar 2015 Kategori Puteri, Pratiwi Putri Dwi Randi mengatakan bahwa kemenangan dirinya tersebut merupakan langkah awal guna berkontribusi terhadap program BKKBN. Artinya, penobatan dirinya malam itu sebagai Dumas GenRe 2015, bukanlah akhir pencapaian dari prestasi hidupnya. Pratiwi Putri Dwi Randy yang berasal dari PIK Remaja Pobhia atau Posko Bahagia menambahkan, bahwa hal pertama yang akan dilakukannya adalah sosialisasi dan kedepannya dia berharap agar dirinya bisa menjadi figur Generasi Berencana. “Bukan sekedar simbol, tapi bagaimana saya bisa menjalankan tugas Dumas dengan sebaik-baiknya. Hal mendasar adalah bagaimana upaya pendewasaan usia perkawinan”, ujar Tiwi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Setiadi dari PIK R Cermai atau Cerita Remaja Mariana, pemenang Dumas GenRe Kalbar 2015 kategori putera. Menurutnya, pendewasaan usia perkawinan adalah hal penting dalam upaya mewujudkan generasi muda yang berkualitas. Dengan menunda usia perkawinan, remaja lebih berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. “Bagaimana mungkin remaja yang sudah menikah dengan usia yang sangat muda, lantas mempunyai anak, sementara kondisi psikis belum matang. Ujung-ujungnya berhenti sekolah dan mengurus rumah”, tutur Setiadi. Kedua pemenang Duta Mahasiswa GenRe Kalbar 2015 tersebut selanjutnya akan mengikuti seleksi tingkat nasional di Jakarta.

Sebagai Runner Up II Putera dipegang oleh Faisal Wahyudi, Runner Up II Puteri dipegang Wardatul Fadhilah, keduanya dari PIK Mahasiswa Baiti Jannati (IAIN Pontianak). Runner Up III Putera dipegang Denni Ramadhani, Runner Up III Puteri dipegang oleh Witdya Ayu Setianingsih dari PIK Mahasiswa Cerita Sahabat (Universitas Muhammadiyah Pontianak). Dalam Grand Final tersebut, terpilih juga Duta Mahasiswa Persahabatan yakni Isna Ayu Lestari dari PIK Mahasiswa Baiti Jannati. Duta Favorit disandang oleh Moklis dari PIK Remaja Rajawali dan Duta Intelegensia disandang Brenda Gunawan dari PIK Mahasiswa Medicine Fakultas Kedokteran Untan.

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.