Sitename

Description your site...

Lomba Blog Kependudukan Kalbar Raih Peringkat 3 Nasional 2015

Lomba Blog Kependudukan Kalbar Raih Peringkat 3 Nasional 2015

finalis-kependudukan(Pontianak-19/8) Setelah melalui perjalanan panjang mulai dari seleksi tingkat provinsi sampai putaran nasional, akhirnya Fany Yunata selaku peserta sayembara kependudukan tahun 2015 wakil dari Provinsi Kalimantan Barat berhasil meraih peringkat 3 nasional. Sementara Siti Masdah yang masuk dalam 10 besar seleksi nasional sayembara pidato kependudukan kategori dewasa muda berhasil menempati peringkat 5 nasional. Sedangkan wakil Kalbar satunya yakni Nur Isna Anugrah yang ikut seleksi 10 besar sayembara Pidato Kependudukan kategori remaja belum berhasil masuk 5 besar.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Kalbar, Drs. Gugus Suprayitno, M.Si., yang ikut mendampingi ketiga peserta sayembara menyatakan gembira atas hasil yang diraih oleh ketiga wakil dari Kalbar. Semua itu adalah usaha yang patut diapresiasi, mengingat dari ketiga kategori yang disayembarakan yakni Pidato Kependudukan kategori dewasa muda, Pidato Kependudukan Kategori remaja dan Sayembara blog kependudukan, Kalbar memiliki masing-masing peserta untuk setiap nominasinya. Gugus berharap agar tahun depan sayembara-sayembara seperti itu tetap bisa dilakukan agar para remaja semakin tertarik dan memahami tentang permasalahan kependudukan di sekitar mereka. “Sayembara yang lebih variatif untuk menarik minat remaja kita tentang bonus demografi dan dampaknya mengingat sebentar lagi Indonesia agar memasuki era bonus demografi serta permasalahan ketenagakerjaan yang tidak dapat dipungkiri akan semakin rumit kedepannya mengingat sebentar lagi kita akan memasuki MEA”, ujar Kabid Dalduk tersebut.

Seleksi Nasional Sayembara Kependudukan Tahun 2015 dilaksanakan di ruang serba guna BKKBN RI, Jalan Permata No. 1 Halim Perdana Kusuma Jakarta dan dibuka langsung oleh Kepala BKKBN Surya Chandra Surapati serta dihadiri oleh Deputi di lingkungan BKKBN dan tamu undangan lainnya. Sama seperti tahun sebelumnya, kegiatan ini dinilai oleh dewan juri yang sudah tidak asing lagi yakni Budayawan Arswendo Atmowiloto dan juga tim juri dari pihak BKKBN. Peserta dari tingkat provinsi tersaring 10 besar untuk tiap kategori dan akan dilakukan seleksi untuk mencari tiga orang juara. Para pemenang mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan hadiah uang tunai sebesar Rp 7 juta untuk juara pertama, juara kedua mendapat hadiah sebesar Rp 5 juta, dan juara ketiga akan mendapat uang sebesar Rp 3 juta. Selain itu juara 1,2,3 berkesempatan menghadiri undangan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di Istana Negara. Sementara itu, peserta yang tidak juara diajak berkeliling ke Taman Mini Indonesia Indah, Jalan ke Thamrin dan destinasi lainnya.

 

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapati, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selain dalam rangka HUT RI ke-70, juga sekaligus bertujuan meningkatkan pengetahuan remaja dan pemuda tentang kondisi serta perkembangan kependudukan yang diukur dari matra kependudukan itu sendiri yakni kelahiran, kematian, hingga migrasi penduduk serta dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. Selain itu, Surya Chandra Surapati menegaskan bahwa fokus kegiatan ini utamanya adalah pemahaman anak muda soal bonus demografi yang diperkirakan puncaknya terjadi pada 2020-2030.

Kepala BKKBN berharap melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan minat dan kepedulian anak muda terhadap kependudukan di Indonesia. “Dengan mengetahui dan memahami permasalahan kependudukan, kami harapkan pemuda ini dapat memberikan kontribusi optimal dalam pemanfaatan bonus demografi. Jangan sampai bonus demografi hanya berlalu begitu saja atau bahkan justru membawa dampak negatif yang tidak kita inginkan bersama,” kata Surya. Selain mendapatkan penghargaan, pemenang sayembara, baik tingkat provinsi maupun nasional akan menjadi kader untuk mengampanyekan soal kependudukan dan pembangunan keluarga di kalangannya.

Sementara itu, Siti Masdah yang merupakan salah satu wakil peserta sayembara asal Kalimantan Barat yang berhasil meraih peringkat 5 dalam seleksi pidato kependudukan untuk kategori dewasa muda, mengatakan, setidaknya ada dua hal lagi yang perlu dipersiapkan selain apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah. “Dua hal yang mungkin terlupakan oleh kita adalah ketersediaan sumber daya alam dan upaya pemberantasan korupsi”, kata Siti Masdah. Dalam pidatonya, Masdah menjelaskan bagaimana mungkin bonus demografi akan berjalan sesuai harapan apabila sumber daya alam yang ada tidak kita jaga dengan baik, ataukah mungkin masyarakat dapat meningkatkan kualitas korupsi masih merajalela di negri ini? Lebih lanjut Masdah mengatakan, terkait dengan kesiapan Provinsi Kalimantan Barat dalam menghadapi bonus demografi dan tantangan ketenagakerjaan, tentu jawabannya ada pada diri kita masing-masing.

Semua mengetahui bahwa pembakaran hutan dan pembabatan hutan terjadi dimana-mana, padahal hutan adalah paru-paru bumi. “Bagaimana anak cucu kita akan mengolah sumber daya alam yang tersedia kalau saat ini, kita sendiri yang menghancurkan sumber daya alam yang ada”, ungkap juara I Pidato Kependudukan Kalbar 2015. Sementara itu, Fani Yunata yang meraih posisi 3 nasional dalam lomba blog kependudukan sangat senang atas prestasi yang diraihnya tersebut. Namun demikian, Fani Yunata tetap merasa belum puas atas hasil yang diperolehnya kali ini. Kedepannya, dirinya ingin sekali belajar lebih giat untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang dimilikinya, sehingga apa yang akan digapai pastinya akan jauh lebih baik daripada pencapaian tahun ini. “Pokoknya tetap semangat dan terus menimba ilmu”, ujar salah satu mahasiswa pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak yang sebentar lagi akan mengabdikan menjadi guru di kawasan tertinggal, terpencil, perbatasan di Nusa Tenggara Timur. Fani Yunata sendiri merupakan salah satu pemenang nasional lomba penulisan kreatif kependudukan tahun 2014 yang lalu. (tan)

oto bersama Ketua Dewan juri Arswendo Atmowiloto

oto bersama Ketua Dewan juri Arswendo Atmowiloto

No Responses

Leave a Reply