Kader BKB Kabupaten Landak Juara I Lomba Penyuluhan BKB Tingkat KALBAR

adi-piala-pkk Kabupaten Sanggau (21/09/2016). Kader Bina Keluarga Balita (BKB) kabupaten Landak Alorinda keluar sebagai juara I lomba penyuluhan BKB dalam rangka memperingati hari Kesatuan gerak PKK ke-44 tingkat provinsi kalimantan Barat yang digelar di kabupaten Sanggau. Dalam lomba yang dirangkaikan dengan peringatan hari Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Hari Krida Kesatuan Gerak (HKG), Hari Krida Pertanian (HKP), Hari Pangan Sedunia (HPS-ke 36), Harganas ke 23 dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes tingkat provinsi Kalimantan Barat ini, keluar sebagai juara ke 2 Yunari dari kabupaten Sanggau, dan Yeti kader BKB Kabupaten Melawi. Sementara yang keluar sebagai juara Harapan I, II dan ke III berturut-turut, kader BKB dari kabupaten Kubu Raya, kota Pontianak dan kabupaten Bengkayang. Ketika menyampaikan sambutan dan menyerahkan hadiah kepada juara tersebut, ketua Tim Penggerak PKK provinsi Kalimantan Barat Ny.Frederika Cornelis S.Pd mengharapkan, pemenang lomba penyuluhan BKB ini tidak hanya terampil ketika lomba saja, namun yang lebih penting adalah upaya pembinaan kelompok BKB di lapangan. “Saya berpesan para kader yang keluar sebagai juara ini, tidak hanya terampil dan handal ketika lomba saja, namun yang lebih penting adalah bagaimana mencurahkan segala ketrampilan dan kemampuannya ketika membina kelompok BKB di tempat tugasnya masing-masing” harap Ny.Frederika Cornelis.

Lebih lanjut Ketua Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat Nyonya Frederika Cornelis mengatakan, kelompok BKB memiliki fungsi yang penting dan strategis dalam membina kelompok peserta KB, membantu tumbuh kembang balita secara optimal, serta mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga. “Kelompok BKB yang dikembangkan di seluruh kabupaten dan kota ini memiliki arti yang penting dan strategis dalam membina kelompok peserta KB, membantu tumbuh kembang Balita secara optimal dan mendukung upaya peningkatan kesejahteraan keluarga” papar Nyonya Frederika Cornelis. Pihaknya mengajak kelompok BKB ini terus dikembangkan di masyarakat, mengingat begitu pentingnya upaya pembangunan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan ketahanan keluarga, terutama ditengah semakin kompleksnya permasalahan di masyarakat.

adi-peserta-bengkayang

Lomba penyuluhan kelompok BKB yang dippusatkan di kantor Bupati Sanggau ini, diikuti kader BKB utusan 14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat dengan materi penilaian meliputi penguasaan materi pembinaan tumbuh kembang balita menurut kelompok umur yang ditinjau dari aspek komunikasi, tingkah laku sosial dan kemandirian Balita, metode penyuluhan yang digunakan dan penampilan ketika memberikan penyuluhan. (by Ad)