KB LESTARI WUJUDKAN KELUARGA HARMONIS

No comment 4649 views

Keberhasilan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana tidak terlepas dari dukungan dan peran serta masyarakat. Dan unit terkecil dari masyarakat adalah keluarga. Keluarga merupakan potensi yang sangat besar dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Dan dalam rangka memberikan reward kepada keluarga-keluarga yang mendukung program KB, BKKBN menganugrahkan penghargaan KB Lestari. Pemberian penghargaan ini merupakan momentum yang sangat strategis dalam memotivasi keluarga Indonesia agar mengikuti Program Keluarga Berencana dan memberikan rasa bangga bagi yang menerimanya. Melalui Lomba ini, pasangan KB Lestari akan menjadi public figure dan diharapkan akan semakin berperan aktif dalam mensukseskan Program KB. Penghargaan ini diprioritaskan kepada Pasangan Usia Subur (PUS) yang memakai Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) secara terus menerus tanpa diselingi kehamilan atau ganti cara selama 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun.

Di Provinsi Kalimantan Barat ada 6 (enam) keluarga yang diunggulkan untuk mendapatkan penghargaan KB Lestari. 3 (tiga) diantaranya berasal dari Kota Pontianak, 2 (dua) dari Kabupaten Sekadau dan 1 (satu) dari Kabupaten Sambas. BKKBN Provinsi Kalimantan Barat menerjunkan Tim ke masing-masing Kabupaten/Kota untuk melakukan penilaian. Tim Penilai terdiri dari unsur PKK, Pemda Provinsi dan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat. Seluruh kelengkapan berkas dan ketentuan lomba menjadi point penting dalam penilaian. Dari 6 (enam) keluarga tersebut, masing-masing menggunakan Metode Kontrasepsi IUD, Implant dan MOW. Dan keseluruhan dari mereka memiliki 2 (dua) anak. Tim juga menilai aktivitas mereka di masyarakat. Antara lain dari kegiatan-kegiatan yang mereka ikuti seperti menjadi Kader UPPKS, Posyandu dan lain-lain. Sebagian besar dari keluarga ini mengaku mengikuti Program KB untuk lebih mensejahtrakan keluarga. Merencanakan pendidikan yang baik untuk putra putri mereka. Dan terbukti, seluruh peserta KB Lestari ini mampu menyekolahkan putra putrinya sampai ke perguruan tinggi. Mereka sadar betul akan pentingnya pendidikan dan ingin menjadikan generasi penerus mereka menjadi orang-orang yang tangguh dan dapat bersaing di dunia kerja. Mereka juga  mendapatkan dukungan dari pasangan masing-masing dalam menentukan alat kontrasepsi apa yang akan dipilih.

Hasil dari penilaian ini akan ditindaklanjuti dengan mengirim seluruh berkas ke BKKBN Pusat. Sebab seluruh peserta KB Lestari ini akan kembali bersaing dengan peserta lain di seluruh Indonesia. Pemenang dari dari penilaian akan di undang ke Jakarta dan menerima pengahargaan pada hari puncak peringatan Hari Keluarga.