Kepala BKKBN Kalimantan Barat mengunjungi Gudang Alkon Kota Pontianak

BKKBN Kunjungan ke Kota Pontianak
BKKBN Kunjungan ke Kota Pontianak

Kepala Badan Kependudukan dan Keluaga Berencana Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat. Tenny Calvenny Soriton hari ini melakukan kunjungan ke kantor DP2KBP3A Kota Pontianak dan diterima langsung oleh Kepala DP2KBP3A Kota Pontianak Darmanelly di ruang kerjanya.

Dalam Kunjungannya Kaper BKKBN Kalbar langsung melakukan pengechekan ketersediaan Alokon yang ada di gudang guna memastikan alat dan obat kontrasepsi di Kota Pontianak masih tersedia.

Selain pengechekan stok alkon, Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar sekaligus berkoordinasi terkait pelayanan KB harus tetap berjalan meski dilanda covid-19 yang tentunya semua pelayanan harus tetap berjalan dengan baik karena merupakan kebutuhan masyarakat

Beliau mengatakan ketersediaan alkon dimasa covid-19 dipastikan dia harus tersedia dan tercukupi disemua kabupaten kota di Kalbar. Untuk di Pontianak dari penjelasan kepala dinasnya, stok alkon masih aman. Agar tidak terjadi kekosongan stok, ia meminta kadisnya segera melapor apabila stoknya mau habis. Dengan demikian pihaknya bisa mendistribusikan alkon tersebut secepatnya.

Diskusi Koordinasi Pelayanan KB di Kota Pontianak
Diskusi Koordinasi Pelayanan KB di Kota Pontianak

Buat pelayanan PLKB kepada masyarakat dimasa covid-19 sejauh ini juga tidak menemukan kendala. Pasalnya semua wilayah yang ada di Kota Pontianak memiliki petugas KB dan lokasinya mudah dijangkau.

Pemahaman masyarakat Kota Pontianak tentang KB juga sudah semakin baik. Itu dibuktikan dengan melihat angka kelahiran di Kota Pontianak sudah melewati angka nasional. “Di nasional angka kelahiran itu 65 persen. Kota Pontianak malah sudah mencapai 70 persen dari 90 ribu pasangan usia subur,” ungkapnya.

Apalagi untuk pelayanan KB di Puskesmas juga digratiskan. Artinya sudah tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak ber KB

Kunjungan ke Kantor DP2KBP3A Kota Pontianak merupakan yang pertama bagi Tenny Calvenny Soriton semenjak dilantik sebagai Kepala BKKBN Kalbar pada tanggal 20 Maret 2020 lalu.

Namun, dia mengatakan kegiatan kunjungan itu tetap menggunakan protap kesehatan dan social distancing yang telah ditetapkan pemerintah.

Menurutnya, pertemuan itu berlangsung sangat sederhana dengan penuh suasana kekeluargaan.

“Kami saling tukar informasi terutama tentang program-program yang akan dilaksanakan. Khusus dalam menghadapi situasi saat ini, kepada seluruh jajaran saya meminta untuk memperhatikan dan tetap menjaga kebersihan guna menghindari diri dari terjangkit virus corona,” katanya.

Dia menambahkan kegiatan koordinasi dengan lintas sektor itu juga dimaksudkan agar pelayanan KB tetap berjalan dengan Standar Operasional Prosedur
(SOP) yang benar. Kemudian memastikan alat kontrasepsi tetap tersedia di sarana pelayanan atau Faskes (klinik KB).

“Terkait hal ini kami tetap mengingatkan untuk menggunakan social distancing dalam setiap kegiatan atau pelayanan dan menggunakan masker. Kemudian dalam menyosialisasikan setiap program kepada masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah tentang COVID-19,” katanya.

Dalam kesempatan itu, didampingi Kabid KBKR BKKBN Kalbar, Hadirin, Kaper BKKBN Kalbar berkesempatan meninjau gudang alat kontrasepsi di Kantor DP2KBP3A Kota Pontianak.

Editor : Fadli
Foto: Humas BKKBN Kalbar

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *