Sitename

Description your site...

Mengenal Keluarga beserta 8 fungsinya pada moment Hari Keluarga Nasional (Family Day)

Mengenal Keluarga beserta 8 fungsinya pada moment Hari Keluarga Nasional (Family Day)
Posted by: Reply

Mengenal Keluarga beserta 8 fungsinya pada moment Hari Keluarga Nasional (Family Day)

Peringatan Hari Keluarga merupakan momentum penyadaran masyarakat tentang pentingnya keluarga dalam pembentukan karakter bangsa. Pendidikan Karakter dimulai dari Keluarga. Potensi positif yg berasal dari rumah dan keluarga serta lingkungan harus dikembangkan secara maksimal, karena pendidikan itu diawali secara informal dari rumah. Dari rumah itulah anak mengenal Tuhannya karena pembinaan kekeluargaan pada potensi spiritual, sesudah itu kecerdasan emosional dikembangkan karena hubungan antara anak dan orang tua serta saudaranya ada hub emosional.

Keluarga merupakan institusi terkecil dalam masyarakat sebagai basis ideologisasi dan internalisasi nilai-nilai yang dianut anggotanya. Peringatan Hari Keluarga yang selalu diperingati adalah untuk mengingatkan dan menyadarkan kembali tugas dan kewajiban dari suatu keluarga, juga memberdayakan agar keluarga melaksanakan 8 (delapan) fungsi keluarga:

Fungsi agama

Fungsi keagamaan dalam keluarga dan anggotanya didorong dan dikembangkan agar kehidupan keluarga sebagai wahana persemaian nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya bangsa untuk menjadi insan-insan agamis yang penuh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam artian yang lain Keluarga sebagai tatanan sosial terkecil dalam masyarakat memiliki fungsi sebagai tempat memperkenalkan dan mengajarkan kepercayaan akan adanya Tuhan. Keluarga berperan untuk membentuk generasi masyarakat yang agamis, yang beriman, dan percaya terhadap keberadaan Tuhan Yang Maha Esa dan sejalan dengan Pancasila ke-1.

Fungsi sosial

Fungsi sosial budaya memberikan kesempatan kepada keluarga dan seluruh anggotanya untuk mengembangkan kekayaan budaya bangsa yang beraneka ragam dalam satu kesatuan dan dalam arti yang lain Keluarga sebagai basis untuk membentuk generasi yang mengerti aturan sosial. Mengenai norma-norma yang berlaku di masyarakat, mengenai aturan-aturan tak baku bagaimana cara bersosialisasi terhadap sesama manusia, bagaimana menghargai alam, dan kehidupan sosial. Diharapkan anak-anak, sebagai generasi penerus dari sebuah keluarga, diberikan pendidikan mengenai tingkah laku sesuai dengan fase perkembangan mereka.

Fungsi cinta kasih

Fungsi cinta kasih dalam keluarga akan memberikan landasan yang kokoh terhadap hubungan anak dengan anak, suami dengan istri, orang tua dengan anaknya, serta hubungan kekerabatan antar generasi sehingga keluarga menjadi wadah utama bersemainya kehidupan yang penuh cinta kasih lahir dan batin dalam artian yang lain Dalam satu keluarga, diharapkan akan saling memberikan perhatian dan kasih sayang. Dengan berlimpahnya kasih sayang, diharapkan akan terbentuk manusia-manusia yang memiliki kecerdasan emosional yang baik sehingga tercipta keluarga yang berkualitas, dan seterusnya akan terbentuk generasi-generasi yang berkualitas sehingga akan menciptakan suasana yang nyaman dalam sebuah kehidupan bermasyarakat.

Fungsi perlindungan

Fungsi melindungi dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa aman dan kehangatan, Keluarga menjadi satu tempat yang memberikan perlindungan yang nyaman bagi anggotanya. Melindungi setiap anggotanya dari tindakan-tindakan yang kurang baik. Sehingga anggota keluarga merasa nyaman dan terlindung dari hal-hal yang tidak menyenangkan.

Fungsi reproduksi

Fungsi reproduksi yang merupakan mekanisme untuk melanjutkan keturunan yang direncanakan dapat menunjang terciptanya kesejahteraan manusia di dunia yang penuh iman dan taqwa, Fungsi ini juga merupakan fungsi yang paling hakiki dalam sebuah keluarga karena harus dapat melanjutkan keturunannya dan yang diharapkan adalah keturunan yang berkualitas. Memelihara, membesarkan anak, dan merawat keluarga juga termasuk dalam fungsi reproduksi ini

Fungsi sosialisasi dan pendidikan

Fungsi sosialisasi dan pendidikan memberikan peran kepada keluarga untuk mendidik keturunan agar bisa melakukan penyesuaian dengan alam kehidupannya di masa depan, Keluarga sebagai tempat pendidikan pertama bagi anak-anak generasi penerusnya. Sebuah keluarga idealnya mampu menjadi tempat dimana terjadi interaksi yang mendidik. Suami terhadap istri, atau orang tua terhadap anak-anaknya. Memberikan pendidikan pada anak-anak sesuai dengan tahapan usia adalah salah satu fungsi pendidikan dalam sebuah keluarga.

Fungsi ekonomi

Fungsi ekonomi menjadi unsur pendukung kemandirian dan ketahanan keluarga yang merupakan serangkaian dari fungsi lain yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah keluarga, Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan keluarga, baik masa sekarang, maupaun masa yang akan datang.

Fungsi pembinaan lingkungan

Fungsi pembinaan lingkungan memberikan pada setiap keluarga kemampuan menempatkan diri secara serasi, selaras, dan seimbang sesuai daya dukung alam dan lingkungan yang berubah secara dinamis, Dalam fungsi ini, keluarga memberikan pengetahuan mengenai norma terhadap lingkungan sehingga diharapkan generasi penerus keluarga tersebut akan lebih santun terhadap alam dan lingkungannya.

Namun apa yang disebut dan dimaksud dengan keluarga?

Keluarga (bahasa Sanskerta: “kulawarga“; “ras” dan “warga” yang berarti “anggota“) Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami-istri, atau suami, isteri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya (PP No.21 Tahun 1994).

Terdapat beberapa definisi keluarga dari beberapa sumber, yaitu:

  • Keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga (Duvall dan Logan, 1986).
  • Keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain, mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya (Bailon dan Maglaya,1978 ).
  • Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan (Departemen Kesehatan RI, 1988).

Ref: PP No.21 Tahun 1994 & TentangKB.Wordpress.com

No Responses

Leave a Reply