Orientasi Kependudukan dihadiri 80 Mahasiswa UMP

Logo-UMP-Warna

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-70 yang jatuh pada tanggal 10 November 2015, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat menjalin kerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) menyelenggarakan kegiatan Orientasi Kependudukan. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 10-11 November 2015, di Ruang Seminar Lantai 2 UMP dan dibuka oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat (Mustar, SE, MM).

Sebelum menyampaikan sambutannya, Mustar mengajukan pertanyaan kepada lima orang mahasiswa “Apa yang ada di benak mahasiswa tentang kependudukan?” Jawaban dari kelima mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa sudah cukup memahami tentang definisi kependudukan, meskipun masih sebatas definisinya. Mustar menyampaikan bahwa kependudukan bicara tiga hal, yakni: kuantitas, kualitas, dan persebaran. Kuantitas dipengaruhi oleh tiga faktor: fertilitas, mortalitas, dan mobilitas. Kualitas dipengaruhi oleh aspek kesehatan, pendidikan, dan perekonomian. Persebaran penduduk harus memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Dalam kesempatan ini, beliau berharap bisa terus terjalin silaturahmi antara BKKBN dan UMP. Terlebih pada tahun 2016 nanti, BKKBN mendapat amanah dari Presiden Jokowi untuk membentuk Kampung KB di setiap kabupaten/kota. Pada tahun yang sama, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat juga akan meluncurkan Kampung Genre. Kaper berharap PIK Mahasiswa di UMP dapat berpartisipasi dalam dua kegiatan tersebut. Harapan yang sama disampaikan oleh Rektor UMP (Helman Fachri, SE, MM) dalam sambutannya.

Kegiatan ini ditujukan untuk menambah wawasan mahasiswa UMP mengenai istilah dan dasar kependudukan. Materi yang disampaikan meliputi Program KKBPK, Isu-Isu Kependudukan di Kalimantan Barat, Dasar-Dasar Demografi, Fertilitas, Mortalitas, dan Migrasi.

Kegiatan yang sedianya hanya mengundang 35 mahasiswa UMP ini dihadiri oleh 80 orang mahasiswa UMP. Kondisi ini menunjukkan kepedulian dan antusiasme mahasiswa UMP dalam menimba ilmu dan wawasan di bidang kependudukan. (ypi)