Pelatihan Grand Design Pengendalian Kuantitas Penduduk Kabupaten/Kota

PONTIANAK, 18-22 JUNI 2013

Dalam rangka mengintegrasikan kependudukan dengan pembangunan, perlu perencanaan pembangunan berbasis data kependudukan yang akurat. Ketersediaan data kependudukan yang akurat memudahkan para pelaku kebijakan untuk mengambil keputusan dan membuat perencanaan pembangunan yang tepat dan tanggap terhadap kondisi kependudukan yang terjadi dalam masyarakat.
Kondisi dan permasalahan kependudukan yang dihadapi setiap daerah sangatlah berbeda sehingga diperlukan intervensi maupun kebijakan yang sesuai dengan daerah masing-masing. Oleh karena itu, Grand Design Pembangunan Kependudukan Tahun 2011-2035 yang telah diterbitkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat pada tahun 2012 perlu ditindaklanjuti dengan penyusunan grand design di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.
Grand Design Pembangunan Kependudukan Tahun 2011-2035 terdiri dari lima buah grand design, yaitu:
1) Grand Design Pembangunan Kependudukan Bidang Pengendalian Kuantitas Penduduk
2) Grand Design Pembangunan Kependudukan Bidang Peningkatan Kualitas Penduduk
3) Grand Design Pembangunan Kependudukan Bidang Pembangunan Keluarga
4) Grand Design Pembangunan Kependudukan Bidang Penataan Persebaran dan Pengaturan Mobilitas Penduduk
5) Grand Design Pembangunan Kependudukan Bidang Pembangunan Database Kependudukan
Grand Design Pembangunan Kependudukan Bidang Pengendalian Kuantitas Penduduk merupakan amanah khusus bagi Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat karena Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ditunjuk sebagai ketua kelompok kerja penyusun grand design tersebut. Hal inilah yang mendorong Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat untuk melakukan kegiatan pelatihan Grand Design Pengendalian Kuantitas Penduduk bagi Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat.
Penyusunan grand design ini harus melibatkan berbagai sektor dan mitra kerja terkait karena nantinya grand design yang sudah dibuat harus dijadikan pedoman perencanaan program pembangunan dan kegiatan lintas sektor. Beranjak dari pemahaman inilah, maka peserta pelatihan yang diundang dari keempatbelas kabupaten/kota di Kalimantan Barat berasal dari berbagai unsur, terutama BAPPEDA, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Pusat Statistik, dan SKPD-KB kabupaten/kota. Dengan demikian, kegiatan ini bertujuan memfasilitasi peserta pelatihan dari kabupaten/kota dalam menyusun Grand Design Pengendalian Kuantitas Penduduk tingkat kabupaten/kota. Kegiatan dilaksanakan pada 18-22 Juni 2013 di Ruang Kelas Balatbang Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat.