Sitename

Description your site...

Penandatanganan MOU antara BKKBN Provinsi Kalbar dengan Tim Penggerak PKK

kerjasamaSelasa, 28 April 2015 bertempat di Gedung Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat Jalan Mayjen Soetoyo Pontianak berlangsung Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat dengan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat. Perjanjian kerjasama ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan peran kader PKK dalam pelaksanaan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Tujuan perjanjian kerjasama tersebut meliputi tiga hal antara lain: pertama meningkatkan cakupan pelayanan tentang Program KB Nasional yang meliputi program ketahanan keluarga, program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja dan program KB. Kedua, meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat khususnya dalam peningkatan jumlah dan mutu para kader. Ketiga, memantapkan peran kelembagaan 10 program PKK khususnya dibidang keluarga berencana.

Ruang lingkup perjanjian kerjasama ini meliputi empat hal antara lain: (1) Kegiatan advokasi, komunikasi dan edukasi (KIE) dan promosi tentang program ketahanan keluarga, program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja dan program KB. (2) Pendidikan, pelatihan dan orientasi bagi pengelola kader PKK. (3) Membantu pelaksanaan pelayanan program KB nasional. (4) Melaksanakan kemitraan dalam pemantauan dan evaluasi program kependudukan dan KB nasional.

Dalam perjanjian kerjasama tersebut juga di jelaskan bahwa tanggung jawab Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat adalah menyiapkan materi advokasi, komunikasi dan edukasi (KIE) dan promosi tentang program ketahanan keluarga, program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja dan program KB. Sedangkan Tim PKK bertanggung jawab dalam pembinaan kader untuk membantu penyuluhan dalam pelaksanaan program kependudukan dan KB.

Pelaksanaan perjanjian kerjasama ini dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang terangkum dalam 10 program pokok PKK dan kegiatan momentum yang diselenggarakan bersama antara Perwakilan BKKBN Provinsi dan Tim penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, seperti Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan. (rien)

Tags:

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.