Sitename

Description your site...

Peringati HARGANAS ke 23, BKKBN Kalbar Gelar Talkshow di RRI

Peringati HARGANAS ke 23, BKKBN Kalbar Gelar Talkshow di RRI

talkshow_rriPontianak (29/6/16) Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Rabu pagi (29/6/16) menggelar talkshow di RRI Pontianak, dengan mengangkat topik “Makna keluarga bagi remaja”. Topik talkshow ini dikembangkan dari tema peringatan Harganas ke 23 tahun 2016 tingkat pusat yang mengangkat tema “Mari bangun kebersamaan dengan cinta dan kasih sayang bersama keluarga” Tampil sebagai narasumber talkshow kepala perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Taruna Rosevelt SH M.Hum, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Riena dan duta mahasiswa Kalbar tahun 2015 Setiadi dipandu moderator Fitri. Ketika ditanya moderator tentang makna tema makna keluarga bagi remaja, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Taruna Rosevelt mengatakan, tema tersebut sengaja diangkat untuk menyikapi masih banyaknya permasalahan yang dialami remaja. “ Kita tahu bahwa di Kalimantan Barat saat ini dihadapkan pada banyaknya persoalan yang menyangkut remaja, seperti ASFR (Age Spesific Fertility rate) usia 15-19 tahun hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI 2012) mencapai 104 yang berarti dari seribu remaja usia 15-19 tahun, 104 diantaranya sudah melahirkan. Kondisi ini diperparah lagi dengan banyaknya remaja yang terlibat Narkoba, kenakalan remaja dan permasalahan sosial lainnya” papar Taruna Rosevelt. Oleh karenanya menurut Taruna melalui peringatan hari keluarga tahun ini akan digaungkannya kembali fungsi keluarga untuk mencegah terjadinya kasus-kasus yang dialami remaja. Dikatakannya, keluarga memiliki 8 fungsi yakni fungsi agama, kasih sayang, reproduksi, perlindungan, ekonomi, sosialisasi dan pendidikan, sosial budaya serta fungsi pemeliharaan lingkungan. Jika fungsi-fungsi keluarga ini dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga, diyakini remaja akan terhindar dari persoalan-persoalan yang membelit dirinya.

Sementara itu narasumber dari Tim Penggerak PKK provinsi Kalimantan Barat Nyonya Riena mengatakan, yang terpenting dalam keluarga adalah tauladan dari orang tua. Anak dan remaja dewasa ini lebih mencontoh prilaku orang tuanya dari pada hanya diberikan perintah atau nasehat. “ trend yang terjadi sekarang adalah anak dan remaja lebih mencontoh prilaku orang tua, dari pada hanya diperintah dan dinasehati” tegas Nyonya Riena. Di bagian lain narasumber duta mahasiswa untuk program Generasi Berencana (Genre) Setiadi mengemukakan, untuk memberikan wadah bagi remaja unruk berkonsultasi maupun sekedar Curhat kini BKKBN mengembangkan program Pusat Informasi dan Konseling (PIK) baik remaja maupun mahasiswa. Menurutnya wadah ini bisa dijadikan media bagi remaja maupun mahasiswa untuk berkonsultasi bahkan mengekspresikan keinginannya.

Dalam talkshow ini selain memberikan kesempatan kepada audiens untuk menyimak dan bertanya kepada narasumber, juga memberikan peluang kepada pendengar RRI mengajukan pertanyaan atau berbagi pendapat melalui telepon dan SMS. (by Adi)

No Responses

Leave a Reply