Persiapan BKKBN Berikan Layanan KB Lintas Negara

Persiapan BKKBN Berikan Layanan KB Lintas Negara
Persiapan BKKBN Berikan Layanan KB Lintas Negara

SEMUNJAN-Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Kalimantan Barat, perwakilan BKKBN RI dan Konsul Jenderal KJRI perwakilan Kuching Malaysia, Kamis (30/1) melakukan survei lokasi di Perusahaan Sawit Tradewinds Plantation Berhard, Semunjan Malaysia. Survei dilakukan buat memantapkan pelayanan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga bagi buruh migran Indonesia yang kerja di perusahaan tersebut.

Pertemuan antar negara diterima langsung oleh Genderal Manager Tradewinds Plantation Berhard, Borhan Bin Md Noor. Dalam pertemuan tersebut beliau memaparkan jumlah tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di perusahaan dengan total ada 522 orang terbagi dua di Ladang Simunjan 240 TKI dan di Ladang Ladong 282 TKI.

Niat BKKBN buat memberikan pelayanan tentang KKBP ditanggapi positif olehnya. Pada kegiatan itu, pembicaraan hal teknis buat kegiatan pelayanan yang rencana akan dilakukan Februari mendatang langsung dibahas di sana.

Pihak perusahaan juga mempertemukan perwakilan BKKBN Kalbar dan RI buat bertemu langsung para TKI yang berada di sana. Penyuluhan sekaligus pendataan jumlah pasangan berkeluarga pun dilakukan oleh Kasubdit Kualitas Pelayanan KB Jalur Swasta BKKBN RI, Nia Reviani.

Ditanyakan soal pelayanan kesehatan bagi Warga Negara Indonesia khusus sakit ringan seperti demam biayanya ditanggung perusahaan. Namun untuk pemasangan alat kontrasepsi itu menjadi tanggungan pribadi. Dengan kedatangan teman-teman dari Indonesia ke sini, diakui pihak perusahaan begitu terbantu.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI perwakilan Kuching Malaysia, Yonny Tri Prayitno menuturkan, kedatangan teman-teman perwakilan dari BKKBN Kalbar dan RI sebagai tindak lanjut pertemuan pertama di Pontianak.

Maksud dan tujuannya untuk memberikan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi dengan sasaran buruh migran Indonesia yang bekerja di perkebunan kelapa sawit di negara Malaysia.
Selain pemasangan alat kontrasepsi, teman-teman BKKBN sekaligus memberikan sosialisasi tentang perencanaan keluarga dengan baik.

Memang diakui, semua kebutuhan hidup teman TKI di sini sudah tercukupi dan ditanggung oleh pihak perusahaan. Namun apa yang belum terjangkau, sebisanya akan didukung pemerintah Indonesia sebagai bukti bahwa pemerintah hadir melayani warga negara yang bekerja di luar negara Indonesia. (pontianakpost.co.id)

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *