Pertemuan Pemantapan RR Klinik Kota Pontianak

No comment 1013 views

Pontianak, bertempat di Aula PMI Provinsi Kalimantan Barat tanggal 14 April 2015 kegiatan orientasi pelaporan untuk petugas klinik di Kota Pontianak dilaksanakan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Pontianak. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh bidan dan petugas klinik se Kota Pontianak ini dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (BPPMPAKB) Kota Pontianak dr. Darmanelly, M.Kes didampingi oleh Kabid KS-PK Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Ir, Aulia A. Arief, M.Si yang mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat.

Para bidan mengeluhkan banyaknya formulir yang harus dicatat padahal mereka juga melakukan pencatatan pelayanan pada kohort yang wajib mereka isi. Mereka menyarankan agar formulir pencatatan F/II/KB disinkronkan dengan kohort dari Dinas Kesehatan. Hal ini dikarenakan kurangnya tenaga dalam pencatatan pelaporan di klinik.

Sementara itu pada hari kedua tanggal 15 April 2015 di kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (BPPMPAKB) Kota Pontianak diadakan pertemuan dengan PLKB/PKB dalam rangka pencatatan dan pelaporan petugas penghubung (PLKB/PKB) yang masih dalam rangkaian kegiatan pencatatan dan pelaporan klinik kemarin (14 April 2015). Pada sambutannya, Darmanelly menegaskan ketika mengambil data pada petugs klinik, tidak hanya sekedar mengambil data terus pulang tetapi jalin hubungan yang baik dengan petugas klinik. Karena dengan terjalinnya hubungan yang baik tersebut, akan memberikan kemudahan bagi petugas penghubung untuk memperoleh data-data pelayanan KB di klinik. Darmanelly juga menanyakan mengenai besaran angka unmetneed di Kota Pontianak yang mencapai belasan persen apakah memang demikian ataukah ada laporan yang tidak tercakup terutama untuk pengguna kondom. Darmanelly juga menyinggung mengenai Pendataan Keluarga dimana data yang dihasilkan nanti tidak hanya untuk kepentingan BKKBN tetapi juga untuk kepentingan pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan pembangunan.

Pada hari yang sama (15 April 2015), di Kelurahan Akcaya Kecamatan Pontianak Selatan berlangsung kegiatan Orientasi Pendataan bagi kader pendata. Kegiatan berlangsung di aula kantor Kelurahan Akcaya dan dihadiri oleh para kader di kelurahan Akcaya. Para kader yang juga merupakan ketua RT di kelurahan Akcaya cukup antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini terlihat dari keaktifan mereka bertanya mengenai pengisian formulir pendataan keluarga. (nda)