RAPAT KOORDINASI DALAM RANGKA PERSIAPAN BULAN BHAKTI KB KES BHAYANGKARA TAHUN 2015 PROVINSI KALIMANT

Pontianak, 11 Juni 2015 – Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan kegiatan Bulan Bhakti KB Kes Bahayangkara Tahun 2015 di ruang pertemuan Graha Khatulistiwa Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Jalan A. Yani 1 Pontianak.

 

Rapat ini diikuti oleh Jajaran Polda Kalimantan Barat, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Jajaran Polres/Polresta se-Kalimantan Barat, SKPDKB Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, DPRD Kota Pontianak, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dan beberapa undangan dari SKPD terkait.

 

Dalam kesempatan ini, Mustar, SE, MM selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat dalam sambutannya  menyatakan bahwa  permasalahan yang dihadapi oleh Kalimantan Barat dalam pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga cukup banyak, antara lain rendahnya  pencapaian MKJP, tingginya ASFR 15-19, tingginya Unmeet Need, tingginya proporsi ibu hamil, dan banyaknya PUS yang menjadi peserta KB setelah memiliki anak lebih dari 2. Permasalahan-permasalahan tersebut membutuhkan perhatian yang serius demi terwujudnya keluarga yang berkulitas yang akan melahirkan generasi berkualitas dalam upaya membangun Kalimantan Barat.

 

Lebih lanjut Mustar menyatakan bahwa Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Kalimantan Barat dan mitra kerja lainnya, telah melakukan berbagai upaya untuk dapat mengatasi  permasalahan-permasalahan sebagaimana tersebut diatas. Adapun upaya yang telah ditempuh antara lain:  (1). Penguatan Pembangunan keluarga (BKB, BKR, Lansia, UPPKS)-> dilingkungan Keluarga Besar POLRI atau masyarakat sekitar Asrama POLRI, (2). Penguatan Generasi Berencana melalui Pembentukan dan Pembinaan PIK Remaja “Bhara Kencana”, (3). Mendekatkan akses dan kualitas pelayanan KB dengan titik perhatian daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan (Galciltas) , (4). Meningkatkan cakupan dan coverage  penyebarluasan informasi Program KKBPK melalui penguatan kegiatan Borneo Mupen On The Road (B.MOR) dan (5). Pengembangan kapasitas potensi Babinkantibmas sebagai motivator KB. Langkah-langkah tersebut akan terus dilakukan dan ditingkatkan agar pelaksanaan Program KKBPK  di Provinsi Kalimantan Barat dapat berhasil dengan sukses.

 

Salah satu wujud nyata kegiatan BKKBN-POLRI yang diadakan tiap tahun adalah Bulan Bhakti KB Kes Bhayangkara. Melalui momen ini, selain untuk mendekatkan akses dan kualitas pelayanan KB terutama bagi  masyarakat yang bermukim di daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan, juga diharapkan dapat menjadi media advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi dalam pelaksanaan program KKBPK. Oleh karena itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat berharap supaya kerjasama yang telah terjalin antara BKKBN dengan POLRI akan terus berjalan dengan baik.

 

Dalam rapat koordinasi dalam  rangka persiapan kegiatan Bulan Bhakti KB Kes Bhayangkara Tahun 2015 Provinsi Kalimantan Barat, telah disepakati beberapa hal antara lain: (1) Pencanangan Bulan Bhakti KB Kes Bhayangkara (BBKKB) Tahun 2015 Provinsi Kalimantan Barat akan diadakan  pada tanggal 17 Juni 2015 di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, (2). BBKKB Tahun 2015 mengambil tema “Melalui Bulan Bhakti KB Kes Bhayangkara Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia dan Terwujudnya Generasi Berencana Menuju Kalimantan Barat yang Aman dan Sejahtera, (3) Tujuan BBKKB adalah mewujudkan sinergitas POLRI dengan instansi lain dalam pembangunan nasional di bidang peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat menuju Indonesia sehat dan berkualitas,  (4) Kegiatan pencanangan akan diikuti oleh kegiatan pelayanan KB di Kabupaten/Kota yang lain sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh Polres/Polresta dengan SKPDKB masing-masing Kabupaten/Kota. (5). Pencanangan Bulan Bhakti KB Kes Bhayangkara Tahun 2016 Provinsi Kalimantan Barat akan diadakan di Kabupaten Ketapang. (rien)

 

Jadwal Rangkaian Kegiatan Bulan Bhakti KB Kes Bhayangkara Tahun 2015

Provinsi Kalimantan Barat

No

Kabupaten/Kota

Tanggal Pelaksanaan

Tempat

1

Sanggau

17 Juni 2015

Kec. Sekayam

2

Melawi

22 Juni 2015

Kec. Ela Hilir

3

Bengkayang

25 Juni 2015

Kec. Monterado

4

Mempawah

25 Juni 2015

Jungkat

5

Kapuas Hulu

25 Juni 2015

Kec. Putussibau Selatan

6

Kayong Utara

8 Juli 2015

Pulau Maya

7

Kubu Raya

23 Juli 2015

*) Dilaksanakan bersama antara Kota Pontianak dan Kab. Kubu Raya, tempat menyusul

8

Kota Pontianak

23 Juli 2015

9

Ketapang

23 Juli 2015

Kuala Satung

10

Sambas

28 Juli 2015

Subah

11

Landak

29 Juli 2015

Kuala Behe

12

Singkawang

30 Juli 2015

Singkawang Tengah

13

Sintang

Menyusul

Menyusul

14

Sekadau

Menyusul

Menyusul