Sitename

Description your site...

Rapat Koordinasi Kegiatan Kemah Genre Dan Parade Cinta Nusantara 2015

saye masang banner di depan kantor

Parade Cinta Nusantara Jilid I Tahun 2014

(Pontianak, 3 September 2015) Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat menggelar rapat koordinasi untuk persiapan kegiatan Kemah GenRe dan Parade Cinta Nusantara Tahun 2015. Rapat ini dipimpin oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, yang diikuti oleh jajaran Kodam XII Tanjungpura, jajaran Pejabat Esselon III dan Pejabat Esselon IV bidang KS/PK beserta staf Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat. Pada rapat ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Bapak Mustar, SE, MM menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan Kemah GenRe dan Parade Cinta Nusantara (PCN) yang kedua. Kegiatan Kemah GenRe dan PCN yang pertama pernah diadakan  di Rindam XII Tanjungpura dan Kodam XII Tanjungpura, pada tanggal 20 s.d 22 Desember 2014, yang diikuti oleh 250 remaja untuk Kemah GenRe, dan 750 remaja untuk PCN.

Kegiatan Kemah GenRe dan PCN ini, merupakan salah satu wujud tindak lanjut kerjasama BKKBN dengan TNI yang tertuang dalam Kesepakatan Bersama Antara TNI dengan BKKBN Nomor: 246/KSM/G2/2014 dan Nomor: KERMA/32/IX/2014 Tanggal 10 September 2014 Tentang  Kerjasama Revitalisasi BKKBN Program KB Nasional dan Keputusan Pangdam XII/TPR Nomor KEP/210/XII/2014 Tanggal 29 Desember 2014 Tentang Progjagar KODAM XII/TPR TA. 2015 SLK KOTAMA BIN, Sub Lampiran ”G” Bid  Teritorial. Selain dua hal tersebut diatas, kegiatan ini juga merupakan wujud dari adanya pembinaan Forum PIK Remaja oleh Pangdam karena Pangdam XII/TPR merupakan Pembina Forum PIK Remaja di Provinsi Kalimantan Barat.

Kemah GenRe dan PCN Jilid II ini rencananya akan melibatkan 1000 remaja, yang terdiri dari 300 remaja pada saat Kemah GenRe, dan ditambah 700 remaja yang akan bergabung dengan 300 remaja  yang menjadi peserta Kemah GenRe dalam acara PCN. Adapun pelaksanaan Kemah GenRe dan PCN Jilid II rencananya akan diadakan pada tanggal 18 s.d 22 September 2015 di Makodam XII Tanjungpura.

Menurut Letkol Jianto perwakilan dari Aster Kasdam XII Tanjungpura, terkait dengan tempat pelaksanaan Kemah GenRe yang tidak dilaksanakan di Rindam XII Tanjungpura, dikarenakan pada bulan September 2015 Rindam XII Tanjungpura memiliki jadwal pelatihan yang padat baik pelatihan dari dalam maupun pelatihan yang melibatkan mitra (Malaysia). Adapun untuk tempat penginapan pada Kemah GenRe 2015 ini,  peserta Pria akan disediakan tenda di Mabekangdam XII Tanjungpura dan untuk peserta Wanita akan menempati Mess Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat. Akan tetapi tempat kegiatan selama Kemah GenRe akan diadakan di Makodam XII Tanjungpura. Segala akomodasi transportasi untuk antar jemput peserta selama kegiatan, akan disediakan oleh pihak Aster Kasdam XII Tanjungpura.

Pada kegiatan Kemah GenRe tahun ini, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat tetap mengedepankan sosialisasi Triad KRR dan ditambah dengan pendidikan militer dasar untuk menumbuhkan kesadaran disiplin pada diri remaja. Selain itu ikon hastag #KalbarBisa dalam rangka mensosialisasikan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) dengan slogan Tadak Kawen Mude akan menghiasi rangkaian acara Kemah GenRe dan PCN. Adapun materi yang akan disajikan dalam kegiatan Kemah GenRe tahun ini adalah Permildas, Lifeskill (Kepercayaan Diri), Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), Wawasan Kebangsaan, Komunikasi Efektif, Delapan Fungsi Keluarga, Triad KRR (Seks Bebas, HIV AIDS dan NAPZA). Hal yang menjadi berbeda dengan kegiatan Kemah GenRe dan PCN tahun ini adalah adanya bahkti sosial berupa Donor Darah dan Membersihkan Halaman Gedung Olah Raga Sultan Syarif Abdurrahman Provinsi Kalimantan Barat. (rien)

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.