Sitename

Description your site...

SOSIALISASI HASIL MUNAS KOALISI KEPENDUDUKAN PADANG

SOSIALISASI HASIL MUNAS KOALISI KEPENDUDUKAN PADANG
Posted by: Reply

(Pontianak-2/7) Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, siang kemarin (1/7) mengadakan kegiatan sosialisasi hasil Munas Koalisi Kependudukan yang dilaksanakan akhir Mei kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat tersebut dihadiri pengurus Koalisi Muda Kependudukan Provinsi Kalimantan Barat dan Forum Mahasiswa Peduli Kependudukan Kalimantan Barat. Kepala Bidang Dalduk, Drs. Gugus Suprayitno, M.Si, siang itu bertindak selaku pemimpin pertemuan sekaligus penyampai materi. Dalam paparannya, Gugus menyampaikan materi yang diperoleh dari hasil Munas, yaitu materi tentang Koalisi Muda Kependudukan (KMK), dimana Kalimantan Barat termasuk satu dari tujuh provinsi yang telah membentuk KMK. Koalisi Muda Kependudukan Kalimantan Barat saat ini sudah memasuki kepengurusan yang kedua kalinya. Untuk itu, dalam pertemuan kemarin dibahas pula tentang nama-nama kepengurusan KMK yang baru, mengingat masa kepengurusan KMK sebelumnya sudah berakhir. Selain itu, untuk Forum Mahasiswa Peduli Kependudukan atau disingkat Formalinduk Kalimantan Barat, juga dibahas kepengurusannya untuk dilakukan pengukuhan yang rencananya akan dilakukan Agustus mendatang.

Ket foto: Drs. Gugus Suprayitno, M.Si

Lebih lanjut Kabid Dalduk BKKBN Kalbar menjelaskan bahwa visi terbentuknya Koalisi Muda Kependudukan yakni mewujudkan pembangunan yang berorientasi kependudukan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. “Visi merupakan alat penggerak dalam suatu organisasi”, jelas Gugus. Sedangkan misi KMK yakni pertama, meningkatkan kapasitas anak muda dalam bidang pendidikan dan kesehatan reproduksi seksual; kedua, menyediakan informasi, membangun komunikasi dan melakukan edukasi di kalangan anak muda terkait pendidikan, kesehatan reproduksi seksual dan pemberdayaan pemuda; serta misi ketiga membuka jejaring yang membangun aliansi seputar isu kependudukan anak muda. Sementara itu, terkait isu utama yang diusung Koalisi Muda Kependudukan adalah hak kesehatan reproduksi seksual bagi anak muda, pemberdayaan pemuda dalam pembangunan berkelanjutan dan pemerataan akses pendidikan.

Ket. foto: Peserta sosialisasi hasil Munas Koalisi Kependudukan 2015

Dalam kesempatan tersebut, Drs. Triswanta juga menjelaskan sekaitan persiapan lomba kependudukan 2015. Hal tersebut dilakukan mengingat nama-nama nominator sepuluh besar lomba kependudukan 2015 tingkat nasional dari Kalbar salah satunya juga menjadi pengurus KMK. (tan)

No Responses

Leave a Reply