THE 6TH ASIA PACIFIC CONFERENCE ON REPRODUCTIVE AND SEXUAL HEALTH AND RIGHTS

Kepala BKKBN (Dr. dr. Sugiri Syarief, MPA) memimpin pertemuan “Penyusunan Strategi Pengiriman Pegawai untuk Program S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri Tahun 2006 sampai dengan Tahun 2010” yang menghasilkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Kepala BKKBN mewajibkan seluruh pegawai BKKBN yang telah menyelesaikan Program S2, S3 Dalam dan Luar Negeri untuk mengirimkan abstrak/makalah/paper dalam versi Bahasa Inggris pada kegiatan konferensi internasional “The 6th Asia Pacific Conference on Reproductive and Sexual Health and Rights” yang akan diselenggarakan pada tanggal 19-22 Oktober 2011 di DI Yogyakarta, Indonesia.
  2. Pegawai BKKBN di tingkat provinsi yang telah menyelesaikan Program S2 Dalam dan Luar Negeri juga diwajibkan untuk mengirimkan abstrak/makalah/paper dalam versi Bahasa Inggris pada kegiatan konferensi internasional tersebut.
  3. PULIN akan merekap pengiriman abstrak/makalah/paper dan menyampaikan perkembangannya kepada Kepala BKKBN dan seluruh jajaran Eselon I BKKBN.
  4. Peserta didorong, oleh Kepala BKKBN, agar berkonsultasi dengan Eselon II di komponen.

Pertemuan tersebut ditindaklanjuti oleh Kepala PULIN (Drs. Eddy Hasmi, M.Sc) dengan mengirimkan surat kepada seluruh pegawai BKKBN yang telah menyelesaikan Program S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri. Surat tersebut menyatakan bahwa seluruh biaya kesertaan menjadi pembicara dan peserta aktif pada kegiatan tersebut dipersiapkan oleh Sekretariat Konferensi The 6th Asia Pacific Conference on Reproductive and Sexual Health dan Rights (APCRSHR) Yogyakarta, termasuk tiket PP Jakarta-Yogyakarta.

Selain menghadiri konferensi internasional, para presenter diharapkan mengikuti Seminar Internal di lingkungan BKKBN yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hotel Hyatt, Yogyakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Mendiseminasikan hasil penelitian dan karya tulis pegawai BKKBN yang telah mengikuti Program S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri dalam ajang konferensi internasional.
  2. Melatih kemampuan pegawai BKKBN yang telah mengikuti Program S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri untuk menjadi pembicara dalam konferensi tingkat internasional.
  3. Melatih kemampuan pegawai BKKBN yang telah mengikuti Program S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri untuk menyajikan poster hasil karya tulis ilmiah dalam konferensi tingkat internasional.
  4. Menambah wawasan pegawai BKKBN yang telah mengikuti Program S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri mengenai isu-isu kesehatan dan hak-hak reproduksi dan seksual.

Kegiatan Konferensi Internasional The 6th APCRSHR yang dilaksanakan pada tangga 19-22 Oktober 2011 di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, DI Yogyakarta ini diikuti oleh Yulaecha Padma Ichwanny dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat.

Didik Nini Towok dan sanggar tarinya tampil sebagai pengisi acara pembukaan. Mereka menarikan tari kreasi baru yang diciptakan oleh Didik Nini Towok yang memadukan tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Di akhir tarian, tampillah Siwa dalam dua wajah, laki-laki dan perempuan. Tarian ini ditarikan oleh penari laki-laki dalam kostum penari perempuan.

Berbagai permasalahan menyangkut kesehatan dan hak-hak reproduksi dibahas dalam konferensi ini. Peserta juga diajak untuk melakukan kunjungan lapangan ke LSM yang mengusung isu kesehatan dan hak reproduksi. Ada juga bermacam stand pameran yang memberikan buku, leaflet, dan booklet gratis bagi peserta.