Sitename

Description your site...

Wakil Bupati Kapuas Hulu berkunjung ke Kampung KB”

perjalanan

Ket: Kaper BKKBN Kalbar Drs. Kusmana (kanan) berfoto bersama Wakil Bupati Kapuas Hulu

RIAM TAPANG-Direktur Bina Lini Lapangan BKKBN, Humphrey Apon MPA didampingi Kaper BKKBN Kalbar, Kusmana bersama Wakil Bupati Kapuas Hulu, Anthonius L Ain Pamero dan instansi terkait melakukan kunjungan kerja ke Desa Riam Tapang Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Menyambangi kawasan tersulit terpencil terpinggir dan terjauh di utara Kalbar ini, menjadi sebuah tantangan bagi pejabat BKKBN termasuk orang nomor satu di Kapuas Hulu ini. Ditempuh dengan menggunakan tiga jenis kendaraan, dari Jakarta menggunakan pesawat ke Kapuas Hulu, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan mobil dengan waktu sekitar 4 jam dan dilanjutkan menggunakan sampan menyusuri sungai selama 2jam jika cuaca tidak hujan adalah perjalanan yang tidak mudah untuk dilewati. Betapa tidak, jalan yang dilewati rombongan BKKBN beserta Wakil Bupati BKKBN termasuk Kajari Kapuas Hulu didampingi seluruh SKPD terkait adalah jalan yang dibuka warga dan merupakan jalan satu-satunya menuju kawasan yang dipenuhi dengan bukit serta jurang yang membentang. Jika tidak menggunakan kendaraan jenis double gardan, maka perjalanan akan terhenti dan rombongan harus bermalam dihutan sampai kondisi jalan agak mengeras.

perjalanan2

Ket: perjalanan menuju ke kampung KB Riam Tapang

 

Direktur Bina Lini Lingkungan Humphrey mengaku bahwa perjalanan ini menjadi pengalaman menarik bisa sampai ke pedalaman Kalbar ini. “Ini perjalanan fantastik menuju Riam Tapang menjadi salah satu kawasan Kampung KB yang ideal yang memang sepeti ini yang diharapkan,” jelasnya. Jika melihat kondisi kependudukan serta kawasan yang jauh terpencil terpinggir dan terisolir, Humphrey menjelaskan bahwa kawasan ini menjadi kebanggan karena para penduduknya sangat membuka diri dengan perubahan dan program KB yang menjadi nawacita Presiden RI, Joko Widodo tersalurkan di kawasan ini. “Riam Tapang adalah desa yang terisolir tersulit termiskin terpinggir dan terjauh, namun kita dapat melihat semangat membangun desa dibantu dengan masyarakat yang ingin maju sehingga kawasan ini menjalankan program KB yang terintegrasi dengan PKK termasuk dengan seluruh SKPD terkait menjadi efektif,” jelasnya.

Kaper BKKBN Kalbar, Kusmana mengaku bangga akan Riam Tapang yang menjadi salah satu Kampung KB di Kalbar yang sangat berkembang semenjak ditetapkan sebagai kawasan Kampung KB pada April 2016 lalu. “Saat pencanangan, kawasan ini masih sangat terisolir, dengan jalan yang sangat sulit ditempuh. Namun sekarang para mitra bersinergi melakukan program masing-masing sehingga dinas pertanian, PU termasuk PKK membina masyarakat Riam Tapang menjalankan program yang langsung diterapkan,” kata Pria yang akrab dipanggil Uung ini.

Kusmana menambahkan di Riam Tapang saat ini sudah ada beberapa kolam ikan yang telah diairi melalui dinas pertanian dan banyak tanaman sayuran yang ditanam rapi ditiap pekarangan warga. “Kami melihat banyak perubahan terkait geliat masyarakat Riam Tapang termasuk usaha mereka memajukan desa mereka sendiri semenjak kampung mereka dicanangkan menjadi kawasan Kampung KB,” tuturnya. Sementara Bupati Kapuas Hulu Anthoni Pamero mendukung Kampung KB di Riam Tapang dan terus berupaya memberikan bimbingan kepada seluruh masyarakat Riam Tapang. “Kami melalui dinas terkait terus berupaya dna mendukung Desa Riam Tapang menjadi kawasan yang tidak lagi terisolir, terjauh dan termiskin sehingga melalui Kampung KB Desa Riam Tapang menjadi kawasan berkembang sehingga menjadi percontohan bagi kawasan lainnya,” pungkasnya. (*)

No Responses

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.